Facebook Twitter Friendfeed
Gratis berlangganan artikel j-lunk via mail, join sekarang!

Mendulang Dollar dengan Google Adsense 0

Like this article?

Share this

Sebelumnya saya pernah posting dan membahas tentang PPC (Pay Per Click)lokal. Nah sekarang mari kita membahas PPC Internasional, program affiliasi untuk bisnis internet yang sangat popular di dunia online saat ini yakni Google Adsense. Syarat untuk ikut program PPC dari Google Adsense, kita harus sudah punya sebuah web/blog yang sebaiknya berbahasa inggris. Kenapa mesti bahasa inggris ? karena reader atau pengunjung juga lebih global, dan tentu saja traffic pengunjung lebih tinggi. Anda cukup mendaftarkan satu URL dari web/blog pada saat pendaftaran pertama kali, walaupun dikemudian hari kita bisa menggunakan 200 site dalam satu account.

Ingat, Google sangat selektif dalam menentukan lulus tidaknya sebuah web diterima di Google Adsense. Salah satu yang mereka perhatikan adalah traffic yang datang menuju web/blog kita.

Sebelum kita mengulas lebih jauh tentang Google Adsense, terlebih dulu diulas tentang Google Adwords yang merupakan cikal bakal lahirnya Google Adsense. Apa itu Google Adwords?, Google Adwords adalah program periklanan yang ditawarkan google kepada para pemilik situs yang ingin mempromosikan situsnya, dengan cara menampilkan link situs pengiklan di hasil pencarian untuk kata kunci(keyword)tertentu dan akan dikenakan sejumlah biaya tergantung dari kepopuleran kata kunci yang dipilihnya.

Dengan adanya Google Adwords maka lahirlah Google Adsense dengan sistem metode pay per click (PPC), mereka menawarkan kepada pemilik web/blog untuk memasang iklan google adwords di web/blog mereka dengan pola bagi hasil atau komisi. Jadi, jika ada seseorang yang mengunjungi web/blog kita dan mengklik iklan Google Adsense yang ada di web/blog kita tersebut, maka pemilik situs akan mendapat komisi dari google.

Berapa banyak komisi yang Diterima?
Komisi yang didapat juga tergantung dari berapa iklan yang kita pasang di web/blog serta isi atau konten dar web/blog kita. Dikarenakan Google Adsense menempatkan iklan sesuai dengan isi/kontent dari web/blog kita.

Harga Pay per click sendiri ditentukan oleh seberapa mahal kata kunci tersebut dihargai oleh pemasang iklan Adwords. Contohnya untuk kata kunci 'graphic' mungkin cuma dihargai 0.5 dollar per klik, tetapi kata kunci 'design' misalnya bisa dihargai hingga 60 dollar per klik. Kata-kata kunci yang bernilai tinggi inilah yang disebut dengan High Paying Keyword (HPK).

Bayangkan jika kita bisa membuat web/blog yang dikunjungi 1000 orang per hari , dan asumsikan ada 10% yang mengklik iklan dengan komisi 1 dolar per klik, maka dalam sehari situs itu sudah menghasilkan 100 dolar/hari atau 3000 dolar per bulan. Lumayan kan, jauh lebih tinggi dari gaji karyawan swasta.

Seandainya punya 10 situs serupa, hitung aja sendiri penghasilannya. Di Indonesia sendiri, sudah ada beberapa orang yang meraih komisi diatas 10.000 dolar per bulan, yang dapat ribuan dolar sudah banyak, apalagi yang cuma ratusan.

Di Amerika sana, banyak yang sudah mendapat ratusan ribu bahkan jutaan dolar, seperti situs mashable. com atau digg.com, hebatnya rata-rata situs mereka bukan lahir dari perusahaan-perusahaan besar seperti yahoo, google, dll tapi dari rumahan, ya dari rumah dengan modal PC yang terkoneksi ke internet.

Di Indonesia juga sudah banyak yang menggeluti bidang ini sebut saja mas isnaini, mas oom, dan mas cosa yang sudah menikmati penghasilan dari bisnis online ini.

Jadi bagaimana cara ikutan Program Google Adsense?
Dari keterangan yang saya sebutkan di atas, syarat untuk ikut program PPC dari Google Adsense, kita harus sudah punya sebuah web/blog yang sebaiknya berbahasa inggris untuk meletakkan iklan. Punya web/blog ibarat toko dan iklan adalah barang dagangannya. Setelah kita punya web/blog dengan topik atau konten tertentu, contohnya web/blog education, consultant, farm, dll. Kita bisa apply di google.com/adsense , lakukan pendaftaran, kemudian google akan mereview situs kita, jika memenuhi syarat dan diterima, google akan memberikan kode-kode html yang bisa kita masukkan di web/blog kita. Simple kan…?

catatan : untuk waktu approval dari google, tergantung situs, bisa langsung approve, atau sehari malah kadang lebih. Malah ada yang bisa ditolak. ^ ^ Tergantung hoki juga... nhe.

Ada beberapa macam type iklan di google, namun yang umum dipakai adalah adsense for content dan adsense for search .

Ibarat jualan, toko sudah jadi, isi toko sudah ada, sekarang apa?… yah tinggal cari pembeli, ini tahap yang agak berat dan butuh waktu. Percuma kita punya toko tanpa ada yang beli. Yang disebut pembeli yaitu pengunjung situs kita, atau di dunia online umum disebut sebagai traffic. Semakin banyak traffic situs kita, berarti semakin tinggi kemungkinan iklan di klik dan semakin banyak komisi yang kita terima.

Nah untuk hal ini, bagaimana cara meningkatkan traffic ke situs kita secara general ada banyak cara untuk mendapatkan traffic, salah satu contohnya adalah mendapatkan traffic gratis dengan search engine. Contoh kembali lagi ke awal, jika kita mengetikkan kata kunci graphic di google, ada lebih dari 30 juta hasil pencarian. Mana yang paling mungkin dibuka para pengunjung? ya halaman terdepan dong. Jika situs kita muncul di halaman pertama akan sangat bagus, halaman kedua atau ketiga masih OK-lah, tapi bagaimana jika di halaman 20?… siapa yang mau liat :) ..

Tentu semua adsenser ingin situs niche-nya akan muncul di halaman awal di hasil pencarian di google, bagaimana agar situs kita muncul di halaman awal?.. caranya adalah dengan Search Engine Optimization (SEO), apa itu SEO, akan saya lanjutkan di artikel berikutnya.


DOWNLOAD ARTIKEL LENGKAP (PDF):
1. adehendra-googleadsense.pdf
source : ilmukomputer
Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari J-LUNK di inbox anda:

0 comments:

Post a Comment